Select Language

Sunday, December 9, 2012

Menggugah Kesadaran


Terlalu banyak aspek yang mengalpakan dalam hidup ini yang sering mengaburkan kewarasan dan kesadaran hakikat diri kita. Realitas yang dikecapi dan  dilalui meninggalkan banyak celah yang dapat menggugat kesadaran. Persoalan individu, keluarga, sosial dan global tak jarang menjadi aral melintang dan menghalang kesadaran. Padahal kesadaran biasanya akan timbul jika diperlakukan secara tidak adil.

Mengapa kesadaran perlu digugah ? tentu agar muncul keinsafan. Keinsafan terjadi jika kesadaran tentang  "diri" itu dimengerti. Namun, berapa banyak yang bisa memahami asal-usul dan tujuan eksistensi dirinya? Bisakah jiwa kesadaran memahami dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain? Saya dan anda, kita dan mereka merupakan bagian-bagian penting dari beberapa pola yang wujud dalam kultur sosial yg mencerminkan identitas diri. Untuk mengetahui tentang asal-usul diri adalah berproses. Proses itu bisa berjalan secara alami atau melalui pembelajaran secara langsung dengan berguru kepada yang memiliki otoritas keilmuan.




Anda sedang membaca artikel tentang Menggugah Kesadaran dan anda bisa menemukan artikel Menggugah Kesadaran ini dengan url http://hasyimustamin.blogspot.com/2012/12/menggugah-kesadaran.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Menggugah Kesadaran ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Menggugah Kesadaran sumbernya.

No comments: